Beside Membakar Panggung Wacken Metal Battle, Jerman!

Beside Membakar Panggung Wacken Metal Battle, Jerman!

Tanah suci metalheads dunia akhirnya secara resmi sudah disambangi oleh Beside. Band yang berumur 20 tahun ini tampil di Headbangers Stage dalam rangka bertempur di arena Wacken Metal Battle, Jerman pada 2 Agustus 2017. Inilah hasil yang didapatkan oleh Beside setelah melalui proses kompetisi berskala nasional yaitu Wacken Metal Battle Indonesia 2017. Untuk pertama kalinya, Indonesia memberangkatkan satu perwakilannya dan Beside lah yang dianggap secara objektif paling representatif untuk bersaing dengan 28 kandidat dari seluruh dunia.

Berjarak sekitar 23 mil atau memakan waktu lebih kurang 30 – 45 menit dari kediaman kami di daerah Barmstedt, Beside bersama tim Wacken Metal Battle Indonesia akhirnya sampai ke area yang berlokasi di Jerman utara. Kendaraan kami diarahkan ke lokasi khusus untuk artis yaitu V.I.P Area / Press Parking, yang juga berhadapan langsung dengan tenda-tenda dari tamu V.I.P yang mendapatkan special camp. Penjagaan menuju tiap area sangat ketat. Semua orang yang melewati daerah-daerah tertentu diperiksa untuk memastikan apakah mereka berhak untuk memasuki kawasan tersebut. John Resborn sudah memberikan kami ID Card dan wrist band, sehingga kami mendapatkan akses yang memang seharusnya kami dapatkan. Setelah mendapatkan tempat untuk parkir, Man Jasad harus pergi terlebih dahulu ke dalam venue karena ia menjadi perwakilan juri dari Indonesia.

Tak lama setelah itu, Beside diarahkan oleh John Resborn untuk masuk ke area Artist Village. Setibanya Beside di area tersebut, mereka langsung mendapatkan sesi wawancara dari DW TV yang secara khusus menyoroti Beside di ajang Wacken Metal Battle. Mereka tertarik untuk membahas Beside karena inilah kali pertama Indonesia mengikuti ajang Wacken Metal Battle, dan menurut mereka Indonesia memiliki potensi dan karakter yang dianggap eksotis untuk diangkat secara khusus. Setelah sesi wawancara selesai, DW TV mengajak Beside untuk berkeliling di sekitaran area Bullhead City Circus, Wackinger Village, dan Main Stage.

Akhirnya, Beside dipersilahkan untuk masuk ke belakang panggung. Dibantu oleh beberapa kru yang sudah disediakan oleh pihak Wacken Open Air, Beside diberi satu bagian untuk mempersiapkan alat-alat dan segala barang yang mereka akan bawa ke atas panggung. Beside diberi waktu sekitar satu jam untuk mempersiapkan alat-alat dan melakukan check line. Semua berjalan dengan tepat waktu dan sangat sesuai dengan prosedur. Beside, tim, dan kru yang disediakan oleh Wacken mempersiapkan segalanya sesuai dengan kebutuhan. Beside tampil pukul 16.25 waktu Jerman.

…And finally, our Indonesian beast gonna burn the stage…

“Spirit in Black”, “Ambisi Arogansi”, “Under Hollow”, dan “Dead of War” adalah nomor-nomor dari Eleven Heroes yang dibawakan oleh Beside. Pada awalnya, muncul keraguan jika crowd yang sudah berkumpul di depan panggung akan memperhatikan Beside, karena Indonesia adalah negara yang belum terlalu dikenal dengan luas oleh metalheads dunia. Di luar dugaan, ternyata mereka menikmati penampilan Beside. Penonton yang datang dari seluruh penjuru dunia dan mungkin tidak tahu Beside atau bahkan Indonesia sendiri ternyata antusias ketika melihat penampilan mereka. Bahkan, Beside berhasil membuat penonton melakukan moshing di tengah-tengah penonton lain yang sedang melakukan headbanging.

“Beside was so freaking good! I surprised for seeing them live. I don’t really understand about Indonesian scene but Beside was awesome!”

“Now I’m a fan of Beside for f**k sake!”

“I like them so much! No, not only like them, I love them just like I love this beer on my hand!”

“I’m sure they will win this Metal Battle!

Perasaan yang hadir ketika melihat pemandangan ini terlalu sulit untuk dideskripsikan dalam sebuah kalimat. Senang, bangga, haru, dan entah apalagi perasaan yang muncul berebut tempat di dalam setiap rongga tubuh kami, tim Indonesia yang mendampingi Beside. Melihat bendera merah putih berada di atas panggung, Beside tampil dengan sangat luar biasa, dan penonton yang hadir sangat bersemangat menjadi satu paket lengkap dan benar-benar membuat sejarah musik metal Indonesia menambah catatan positif di kancah internasional.

They raised their horns hands to the air, screamed for Beside, and we couldn’t argue if Beside had make Indonesian metalheads proud as hell!

Beside sudah membuktikan bahwa kerja keras, totalitas, mentalitas, dan tanggung jawab atas passion yang mereka terus patri akan berbanding lurus dengan hasil yang juga luar biasa. Apapun hasil yang akan didapatkan oleh Beside, mereka sudah menjadi satu entitas yang berharga untuk Indonesia. Harus lebih banyak lagi band-band Indonesia yang berangkat ke luar negeri untuk membuktikan kapasitas Indonesia. Mari terus hidupkan dan kembangkan ranah musik bawah tanah Indonesia. Masih banyak sekali hal yang harus diperbaiki, dan ketika kita sudah berada di titik tersebut, maka Indonesia akan menjadi negara yang tidak hanya dilirik tetapi disorot oleh mata dunia.

And for Beside, let’s pray for the best for them. Whatever will happen, they are one of the best metal bands in Indonesia. They have winning our hearts, and they are surely-f**kin- rule!

View Comments (0)

Comments (0)

You must be logged in to comment.
Load More

spinner