Benda Wajib yang Dibawa Anak Band Saat Manggung.

Benda Wajib yang Dibawa Anak Band Saat Manggung.

Buat anak band bersama para crew-nya, bukan hanya instrument musik aja yang harus dipersiapkan secara matang ketika manggung. Ternyata ada lagi beberapa list yang sebenarnya tidak kelewatan untuk dibawa dan itu penting. Siapkan catatan kecil kalian untuk menulis list-list yang harus dibawa dibawah ini

1.    Rokok dan Kopi


Rokok dan kopi ini dibutuhkan untuk ‘berpolitik’ dengan orang panggung. Dua  benda ini biasanya ampuh untuk menjinakkan para kru panggung yang bekerja keras sepanjang malam dan biasanya galak-galak. Biar mereka mau bekerja sama dengan kita aja. Sebenernya tidak harus rokok atau kopi sih, kita bisa ngasih apa saja yang membuat mereka happy.

2.    Toolkit serbaguna


Toolkit mini yang berisi obeng kembang, obeng minus-obeng kembang, gunting, cutter, tang, gunanya banyak, dari ganti senar gitar, tuning drum sampai kalo tiba-tiba harus bongkar efek.

3.    Kertas dan Spidol


Gunanya buat bikin setlist dan contekan chord atau lirik. Bisa juga buat tanda tangan kontrak atau tanda tangan sama groupies band kamu.

4.    Batere


Baterai kotak 9 Volt dan baterai AAA wajib disiapkan. Apalagi batere kotak, bisanya berguna untuk efek gitar atau DI Box.

5.    Stand


Kalau kamu punya keyboardist yang pakai keyboard lebih dari satu, kemudian membawa midi controller, sequencer hingga laptop, jangan lupa membawa stand sendiri. Karena di panggung biasanya tidak ada stand lebih dari 2 dan biasanya sudah terpakai keyboard panggung.

6.    Kabel jack, pick, senar, tuner, adaptor, kunci drum


Siapkan sebuah tas atau box yang isinya kabel jack-in-jack-out yang layak pakai. Setidaknya ada kabel sebanyak 4 atau 5 masing-masing sepanjang 2,5 meter dan kabel kecil sebanyak 5 buah untuk efek. Sekotak pick, tuner dan senar cadangan juga wajib disiapkan. Adaptor standar untuk efek juga wajib disiapkan, karena seringkali adaptor terbakar karena listrik panggung naik turun. Selain itu untuk membantu drummer, sebaiknya siapkan 2 buah kunci drum di box tersebut.

7.    Lakban


Lakban perlu dua macam, yaitu lakban putih dan lakban hitam. Lakban putih berguna untuk memberi tag atau menuliskan konfigurasi teknis di ampli atau di mixer. Sedangkan lakban hitam gunanyauntuk merapihkan kabel di panggung
Coba deh kamu cek lagi, siapa tau barang-barang yang harus dibawa tersebut belum ada di daftar bawaan.

Sumber : http://musicstuff.info    
Sumber foto : Istimewa

 

View Comments (0)

Comments (0)

You must be logged in to comment.
Load More

spinner