Belajar Ritme Drum Tanpa Drumset

Belajar Ritme Drum Tanpa Drumset

Belajar instrumen musik memang susah-susah gampang dan saat yang tepat untuk bersenang-senang, namun tetap membutuhkan konsenstrasi, konsitensi, dan juga proses serta kesabaran yang cukup tinggi saat melakukannya.

Salah satunya bermain alat musik drum. Jika sejak usia dini sudah dilatih, bukan tidak mungkin seiring bertambahnya umur semakin banyak skill drum yang dikuasai dan menjadi drummer profesional.

Namun terkadang, kendala tidak memiliki drum pribadi di rumah menjadi faktor yang cukup bermasalah. Tetapi tenang, berikut ini kami memberikan sedikit tips, bagaimana untuk belajar ritme dasar bermain drum, tanpa membutuhkan drumset untuk melatihnya.

  1. Telapak tangan adalah drumstick kalian, sediakan saja meja atau papan sebagai ‘drum’ khayalan.
  2. Belajar Nol seperempat. Jika berbicara musik, tentunya terdapa berbagai macam birama. Tidak peduli kalian kalian belajar otodidak atau dibantu pengajar di tempat les. Sebagai pemula pasti kita diajarkan memainkan biram 4 per (4/4), yang artinya terdapat empat ketukan dalam 1 bar.

·         (Gunakan 1 tangan  kita untuk memukul sebanyak 4 kali hitungan. Dan Sebaiknya  hitungan dengan suara yang lantang, agar kalian dapat memperhatikan tempo. Contoh hitungannya seperti ini “1-2-3-4”, lalu kemudian setelah mencapai hitungan keempat, ulangi lagi dari awal).

  1. Not Seperdelapan. Setelah cukup fasih belajar not seperempat, saatnya naik level. Sekarang mainkan ketukan dan naikkan menjadi seperdelapan, yang artinya adalah, dalam 1 kali ketukan kita melakukan pukulan di dalamnya berjumalh dua kali. Dimana dalam satu bar pukulan tangan kalian, banyaknya pukulan sebanyak delapan kali, "1-and-2-and-3-and-4-and".  Hitungannya seperti itu kurang lebih.
  2. Waktunya tangan yang lain ikut berlatih. Kidal atau tidak, saatnya tangan kalian satu lagi ikut bergabung dalam latihan mudah ini. Syaratnya adalah, setiap kali hitungan “2” dan “4” , pergunakanlah tangan ini untuk ikut memukul meja atau papan. Bayangkan snare drum termahal dan terbaik ada di depan kalian.
  3.  Tambahkan “downbeat”. Nah agak sulit yang satu ini, Cuma kalo terus dilatih ceteklah. Mainkan ketukan atau nada dengan kedua tangan (seperti diatas dan biasakan terlebih dahulu), yang dilakukan setiap hitungan ganjil. Hitungan “1” dan “3” adalah saat yang tepat melakukan ini, dimana kaki kanan atau kiri untuk yang kidal, menghentak ke tanah, nah yang terakhir ini untuk membiasakan downbeat pada bass drum-drumset kalian nantinya.

Nah coklatfriends, giman tips di atas? Semoga bermanfaat yaa

Selamat mencoba..selamat berakhir pekan..

Cek video channel ini untuk lebih jelas :

Foto dan sumber tulisan : http://compusiciannews.com/

View Comments (0)

Comments (0)

You must be logged in to comment.
Load More

spinner