Beberapa Hal Manfaat Belajar Alat Musik

Beberapa Hal Manfaat Belajar Alat Musik

Bisa anda membayangkan hidup hidup Anda tanpa musik? Akan sangat sulit untuk melakukannya, karena musik telah terprogram dalam eksistensi kita sebagai manusia. Sementara semua orang senang mendengarkan musik yang bagus, tidak banyak dari kita disebut 'musisi' -orang-orang dengan kemampuan untuk memainkan alat musik. Hal ini bisa disebabkan karena tidak memiliki kesempatan untuk belajar dari kecil atau kurangnya keinginan atau instruksi yang tepat. Namun, tidak ada kata terlambat untuk belajar musik. Berikut ini adalah 10 alasan mengapa setiap orang harus belajar untuk memainkan alat musik.

01. Mengurangi stres
Para peneliti mempelajari manfaat musik, bahwa dengan memainkan alat musik secara teratur bisa membantu menurunkan stres. Studi menunjukkan bahwa memainkan alat musik membantu menurukan denyut jantung dan tekanan darah, yang pada akhirnya dapat menurunkan hormon stres kortisol, sehingga membuat kita jadi merasa santai. Michael Jolkovski, seorang psikolog spesialisasi pemusik, merasakan bahwa musik juga membantu menurunkan stres dengan cara membantu orang terhubung dengan orang lain. "Hal ini (musik) bisa memenuhi kebutuhan untuk bersantai dari kekhawatiran hidup, berbeda dengan hal-hal lain yang sering orang lakukan seperti makan berlebihan, minum, atau nonton TV atau browsing web tanpa tujuan yang membuat mereka merasa lebih hidup dan terhubung dengan orang lain"

 

02. Membuat lebih pintar
Orang-orang yang telah menerima pendidikan musik umumnya akan lebih cerdas daripada mereka yang non-musik. Penelitian yang luas dilakukan dalam wilayah ini telah membuktikan bahwa anak-anak yang belajar alat musik jauh lebih baik di bidang akademik. Sebuah tim peneliti mengeksplorasi hubungan antara musik dan intelegensi menjelaskan bahwa musik jauh lebih unggul dan meningkatkan keterampilan penalaran abstrak anak-anak, keterampilan yang diperlukan untuk belajar matematika dan sains.

03. Fapat memperbaiki kehidupan sosial
Belajar instrumen musik dapat memperbesar lingkaran sosial kerena kita bisa bertemu dengan lebih banyak orang yang biasanya kita jumpai. Pada anak-anak, musik bisa membantu keterampilan sosial. Maestro Eduardo Marturet, konduktor, komposer dan direktur musik untuk Miami Symphony Orchestra, yang juga mengawasi program MISO Young Artist di Florida Selatan, mengamati efek bahwa musik memiliki keterampilan sosial anak. "Secara sosial, anak-anak yang terlibat dalam sebuah grup musik atau ansambel belajar keterampilan hidup yang penting, seperti bagaimana berhubungan dengan orang lain, bagaimana bekerja sebagai tim dan menghargai penghargaan yang datang dari bekerja bersama-sama, dan pengembangan keterampilan kepemimpinan dan disiplin.

04. Membantu Membangun Kepercayaan Diri
Belajar musik dapat membantu membangun kepercayaan diri, Elizabeth Dotson-Westphalen, seorang guru musik dan musisi, menemukan bahwa musik telah membantu banyak siswa mengembangkan kepercayaan diri. Belajar memainkan alat musik dapat membantu anak-anak dan orang dewasa menghadapi masalah kepercayaan diri.

05. Mengajarkan Kesabaran
Guru musik merasa bahwa musik dapat membantu mengajar kesabaran, belajar memainkan alat musik bukanlah sesuatu yang bisa terjadi dalam semalam.  Hal ini merupakan usaha dan praktek sehari-hari yang dapat membantu musisi belajar bagaimana bermain tanpa kesalahan dan mengembangkan tingkat kesabaran. Sebagian besar musisi harus melalui bertahun-tahun dengan berlatih secara berkala yang pada akhirnya membantu mereka menaklukan rasa sabar mereka.

06. Menumbuhkan kreativitas
Terjebak dalam rutinitas sehari-hari, banyak dari kita kehilangan kontak dengan sisi kreatif. Belajar memainkan alat musik, terutama ketika mencapai tingkat advance, bisa memperkuat kreatifitas yang hilang.

07. Memperbaiki Ingatan
Musik dan ingatan jalan beriringan. Belajar alat musik membuat kita menggunakan kedua bagian otak dan ini pada gilirannya meningkatkan daya ingat. Maestro Eduardo Marturet, menegaskan hal ini "Penelitian lebih lanjut memperlihatkan bahwa peran musik pada usia dini bisa meningkatkan kemampuan belajar anak dan ingatan dengan merangsang pola yang berbeda dari perkembangan otak". Pendidikan musik juga terkait dengan kadar IQ yang lebih tinggi dan pembangunan fisik pada beberapa bagian dari otak.

08. Mengembangkan Disiplin
Musik membutuhkan dedikasi dan latihan yang teratur. Membagi waktu untuk berlatih setiap hari dalam bermusik dapat meningkatkan rasa disiplin dalam belajar. Mira Stulberg-Halpert, 3D Learner Inc., yang bekerja dengan anak-anak yang mempunyai ADHD, telah membuktikannya. Dia mengatakan tentang pengaruh musik pada anak-anak. "Mengenalkan anak-anak pada alat musik adalah kuncinya. Mereka secara alami ingin tahu dan bersemangat untuk disiplin".

09.  Memberikan Bentuk Prestasi
Belajar memainkan alat musik memberikan sebuah rasa prestasi besar. Pianis Emily Singers, dalam artikelnya yang berjudul, "12 Reasons You Should Learn to Play the Piano" menulis bahwa bermain piano bisa membawa kepuasan sejati.  "Ini benar-benar salah satu hal yang paling memuaskan bisa Anda lakukan," katanya.  "Perasaan ini menyebabkan rasa luar biasa dari pencapaian pribadi yang dapat membantu mencapai lebih berhasil di bidang lain."

10. Memainkan Alat Musik Itu Menyenangkan
Terakhir, belajar bermain alat musik sangat menyenangkan. "Seni musik begitu dalam dan percaya diri yang harus didekati dengan sedikit intensitas dicampur dengan rasa sukacita yang besar", ujar Shankar Mahadevan musisi dan komposer musik film Bollywood. Memainkan alat music bisa mengembalikan rasa bahagia dalam hidup. Musik memiliki kualitas khusus yang bisa memberikan sukacita, kedamaian dan pemenuhan kebutuhan yang dapat mengangkat semangat dan membuat hidup menyenangkan bagi semua orang yang terlibat.

View Comments (0)

Comments (0)

You must be logged in to comment.
Load More

spinner