Band Rock Pertama di Dunia Berasal Dari Indonesia?

Band Rock Pertama di Dunia Berasal Dari Indonesia?


 

Siapa yang tak kenal dengan The Beatles? Band yang berasal dari Liverpool,Inggris ini mempunyai nama yang diagungkan oleh para penikmat musik dan para musisi. Namun, jika ditelusuri lebih jauh bahwasanya, The Beatles pernah mengagumi band Indonesia. Ya, The Tielman Brothers lah yang membuat Paul McCartney dkk jatuh hati akan sosok band asli Indonesia.

Band yang terlahir sejak tahun 1945 ini awalnya bernama The Timor Rhythm Brothers, berubah nama menjadi The Four Tielman Brothers ketika menginjak tahun 1957. Para personil yang beranggotakan Andy Tielman (vokal, gitar), Reggy Tielman (Rhythm gitar, vokal), Phonton Tielman (double bass, vokal), serta Loulou Tielman (drumer, vokal) merupakan pionir musik rock Indonesia bahkan dunia.

Berita musik : The Tielman BrothersBerita musik : The Tielman Brothers

Bakat bermusik terebut didapatkan dari ayahnya, Herman Tielman, seorang kapten tentara KNIL Belanda, yang sering bermain musik bersama temannya di rumahnya di Surabaya. Bukan hanya mendukung karir bermusik anaknya, bahkan Herman Tielman bersama istrinya Folra Lorine Hass jadi manager bagi anak-anaknya.

Perjalanan musik The Tielman dibilang cukup mulus sedari memainkan lagu-lagu daerah dan menampilkan tarian-tarian tradisional di Surabaya tahun 1945. Penampilan pertama mereka di atas pentas ketika membawakan lagu-lagu seperti Tiger Rag dan 12th Street Rag pada acara pesta di rumahnya membuat teman-teman ayahnya kagum. Setelah itu, tawaran pun silih berganti berdatangan untuk manggung di berbagai daerah di Indonesia. Bahkan, The Tielman Brothers pernah diundang oleh Soekarno untuk tampil dihadapannya di Istana Negara, Jakarta.

Berita musik : The Tielman BrothersBerita musik : The Tielman Brothers

Selaku manager The Tielman Brothers, Herman Tielman mencium aroma kesuksesan dalam karir bermusik anak-anaknya yang berujung membawa mereka hijrah ke negara Kincir Angin,Belanda. Disana mereka mulai masuk dapur rekaman dan mulai menjelajah musik rock hingga bisa dibilang mereka memberikan pengaruh cukup dahsyat di belantika musik rock dunia saat itu. Publik Belanda menyebut musik yang dibawakan Tielman bersaudara adalah Indo Rock yang berciri khas dominasi gitar dengan dipadukan oleh musik Hawaii, Country, Rock n Roll, dan Keroncong.

The Tielman Brothers terkenal di Eropa, jauh sebelum The Beatles, Rolling Stones, The Doors, Jimi Hendrix,Cream,Led Zeppelin, Deep Purple atau band lainnya. Empat bersaudara yang berasal dari Maluku ini menampilkan suatu performance di atas panggung kala itu sungguh energik dan memukau penonton dengan skill memainkan aliran musik Rock’n’Roll sambil meliuk-liuk ala musisi heavy metal 80-an, aksi panggung yang liar ala punk, main drum sembari berdiri ala Lars Ulrich Metallica, dan membetot bass ala Reginald Quincy "Fieldy" Arvizu dari grup musik nu-metal Korn.

Sebelum The Beatles lahir tahun 1960-an, The Tielman Brothers telah lebih dahulu membawakan lagu-lagu Rock’n’Roll. Lalu Ketika The Beatles manggung di Jerman, Paul McCartney langsung mengagumi The Tielman Brothers ketika melihat aksi mereka yang memukau penonton.

Berita musik : The Tielman BrothersBerita musik : The Tielman Brothers

Sayang seribu sayang, banyak orang yang masih asing dan tak tahu akan prestasi yang telah mereka buat dengan susah payah, bahkan di tanah kelahiran mereka, Indonesia. Namun, dibalik kemirisan tersebut, kita seharusnya dapat mengapresiasi usaha mereka dahulu kala lebih dari sekedar meningat namanya saja, angkat topi dan membungkukkan badan untuk kalian, The Tielman Brothers, Sang Pionir musik Rock.

Sumber foto: indischeblog.wordpress.com

COMMENTS

  • sudarno

    sudarno

    26 Aug 2016
    Bener banget tuh saya punya saudara di belanda yang mertuanya orang belanda yang sangat ngefans sama The Tielman Brothers
  • topanfatz

    topanfatz

    1 week ago
    sangat bangga sama The Tielman Brothers, salut!
You must be logged in to comment.

RELATED NEWS

Website ini hanya diperuntukkan bagi Anda yang berusia 18 tahun ke atas.