Tips Vocal Scream

Tips Vocal Scream


Kali ini akan membahas tentang suara scream yang sering di nyanyikan oleh band-band metal dan hardcore dan sub-genre dari 2 genre tersebut. Mungkin salah satu dari anda jika mendengar sebuah band cadas/keras mendengar mereka itu tidak  sekedar bernyanyi tapi teriak-teriak tidak jelas, ya itulah namanya scream tapi scream bukanlah hanya sebuah teriak tidak jelas ada tekniknya sendiri untuk melakukan suara scream yang tak semua orang bisa melakukanya. Berikut jenis dan teknis scream silahkan simak di bawah ini :

Teknik Suara scream terdiri dari 7 jenis scream yang berbeda apa saja itu :

1. Teknik Scream

2. Teknik Growl

3. Teknik Grunt

4. Teknik Piq Squeals

5. Teknik Fry

6. Teknik False

7. Teknik Death

1. TEKNIK SCREAM        

            Bahas yang pertama dulu, yaitu teknik Scream itu sendiri. Scream berarti “teriakan” atau “berteriak”. Berteriak adalah mengeluarkan suara dengan keras. Berarti teknik Scream bisa diartikan mengeluarkan suara dengan keras, sama halnya dengan berteriak. Akan tetapi, teknik Scream memiliki nafas yang agak berat. Jadi tidak hanya asal mengeluarkan suara.
Tips untuk melakukan teknik Scream :

1. Latihan mengeluarkan suara, atau dengan cara berteriak. Akan tetapi beratkan suara yang anda keluarkan.

2. Lakukanlah latihan rutin setiap hari, misalnya 2 jam Sehari.

3. Agar mudah mengeluarkan suara, minumlah ‘wedang jahe’(minuman hangat gula merah dan jahe). Dengan minuman yang alami, bisa cepat membentuk suara Scream.

4. Lakukanlah latihan pernafasan diafragma.

5. Untuk memberatkan suara,anda juga bisa minum kopi. Kopi bertujuan untuk memberatkan suara yang berada dikerongkongan. Tapi jangan banyak-banyak, karena tidak baik untuk kesehatan tubuh.

2. TEKNIK GROWL

            Kita membahas teknik kedua yaitu teknik Growl. Growl memiliki arti “Geraman”, berbeda sedikit dengan teknik Scream. Growl juga dikenal dengan nama “Scream Rendah”. Jika teknik Scream mengeluarkan suara dengan keras dan terbuka, teknik Growl juga mengeluarkan suara dengan keras akan tetapi mulut harus berbentuk pelafalan huruf “ O “ pada setiap kata yang diucapkan.

            Perbedaan teknik Scream dan Growl hanya terletak pada bentuk mulut, jika teknik Scream mulut terbuka jika teknik Growl mulut berbentuk seperti pelafalan huruf “ O “. Tips atau cara yang digunakan untuk berlatih Growl juga sama dengan Scream diantaranya :
1. Latihanlah mengeluarkan suara,atau dengan cara berteriak. Akantetapi beratkan suara yang anda keluarkan.

2. Lakukanlah latihan rutin setiap hari, misalnya 2 jam Sehari.

3. Agar mudah mengeluarkan suara, minumlah ‘wedang jahe’,biasakan minum air hangat pada waktu mau berlatih dan dengan minuman yang alami, bisa cepat membentuk suara Scream.

4. Lakukanlah latihan pernafasan diafragma.

5. Untuk memberatkan suara,anda juga bisa minum kopi. Kopi bertujuan untuk memberatkan suara yang berada dikerongkongan.         Jika anda tidak pernah melakukan teknik Growl, Tenggorokan anda akan mengalami sedikit gatal sehingga menjadikan Growl yang anda keluarkan terputus-putus. Hal ini sudah wajar, jadi anda tidak usah khawatir.

3. TEKNIK GRUNT

            Arti kata Grunt adalah “Dengkuran”. Teknik ini sangat mudah dipelajari dari 7 macam teknik Scream. Teknik Grunt bertolak belakang dengan teknik Scream. Jika teknik Scream Mengeluarkan, maka teknik Grunt adalah “menyedot” atau “menghisap”.
Berarti teknik Grunt adalah menghisap suara dari luar menuju ke kerongkongan dalam. Tips atau cara yang dipakai sama halnya dengan ‘Teknik-Teknik’ yang lain. Tetapi lebihlah fokus pada teknik pernafasan diafragma.

4.TEKNIK PIQ SQUEALS

            Teknik ini merupakan teknik yang hampir sama dengan Teknik Grunt, atau bisa dibilang Modifiikasi dari teknik Grunt. Sama halnya dengan teknik Scream dengan teknik Growl, hanya ada perbedaan sedikit. Teknik Piq Squeals juga “Menyedot” sama dengan Grunt. Akan tetapi teknik ini lebih mendengkur dan juga leih melengking dari teknik Grunt.
Tips atau cara yang bisa anda pakai untuk melakukan teknik ini yaitu dengan cara melipat lidah ke belakang, lalu lakukanlah teknik Grunt (Menyedot Suara) dengan santai. Maka akan didapatkan suara Piq Squeals. Dan juga seringlah berlatih pernafasan diafragma.

5.TEKNIK FRY

            Teknik ini sebenarnya muncul dari sebuah karakter dari seorang vokalis itu sendiri. Jadi setiap orang berbeda-beda. Jadi teknik ini bisa anda kembangkan sendiri sesuai karakter vokal anda masing-masing. Teknik Fry sama halnya dengan Scream, yaitu mengeluarkan suara dari kerongkongan. Jika anda ingin melakukan teknik-teknik Scream, kuasailah ‘Teknik Pernafasan’ terlebih dahulu.

6.TEKNIK FALSE

            Teknik yang ke enam ini bernama teknik False. Teknik ini di katakan sulit karena dalam pengeluaran suara terjadi distorsi ditenggorokan yang menghasilkan suara Scream yang tinggi namun berdistorsi. Pastinya tenggorakan anda akan mengalami sakit atau gatal seperti teknik Growl, karena diteknik ini pengeluaran suara yang keras dan tinggi.

7.TEKNIK DEATH

            Teknik Death. Teknik ini juga hampir sama dengan teknik False, Cuma bedanya tidak ada distorsi diteknik yang satu ini. Teknik Death adalah salah satu bentuk Scream dengan suara yang tinggi mirip seperti seperti suara falsetto yang sangat melengking. Akan tetapi yang lebih mempengaruhi teknik ini adalah karakter vokalis itu sendiri. Jika karakter suara vokalis tinggi, maka teknik Death yang dihasilkan akan lebih mudah. Teknik ini jarang digunakan karena tingkat kesulitannya sama dengan teknik False.Tips untuk melakukan Teknik ini adalah :

1. Seringlah berlatih suara tinggi

2.Jika anda sudah bisa mengeluarkan suara tinggi,buatlah suara itu menjadi False.

Sumber            : http://musikindonesia.mywapblog.com/7-macam-teknik-suara-scream-dan-pengerti.xhtml

Foto : Istimewa

COMMENTS

You must be logged in to comment.

RELATED NEWS

Website ini hanya diperuntukkan bagi Anda yang berusia 18 tahun ke atas.