Artikel Coklat Iseng -Sejarah Recording di Dunia Part 2-

Artikel Coklat Iseng -Sejarah Recording di Dunia Part 2-

Tape recording kemudian muncul dan menggantikan phonograph karena penggunaan yang lebih mudah dan biaya terjangkau. Popular di tahun 50an, tape recorder membawa dampak besar dalam membuat musik. Dengan tape recorder, proses edit serta pemberian efek fade in dan fade out menjadi mudah dilakukan. Penyanyi tidak lagi harus menyanyi dengan sempurna saat rekaman, proses tambal dan edit bisa dilakukan untuk memperbaiki kesalahan.

Multitrack recording mulai dikenal dan terus berkembang hingga tahun 60an. Multitrack recording memungkinkan untuk merekam dengan memisahkan grup artis. Selain itu, muncul pula yang disebut dengan suara stereo. Dilakukan pula eksperimen yaitu merekam dengan 2 microphone, 2 amplifier, dan 2 speaker yang bisa menghasilkan efek tertentu. Kemudian, 8 track player yang bisa diasosiasikan dengan player pada mobil menjadi sangat populer. Tidak berapa lama, kepopulerannya juga digantikan oleh kaset.

Selanjutnya, digital recording mulai berkembang di tahun 80an. Sedang di era 90an, budaya rekaman sudah sangat maju dengan peralatan multimedia, suara berupa file digital, edit dan mixing materi digital, serta kemunculan Musical Instrument Digital Interface (MIDI).

Sumber : http://www.compusiciannews.com/detail.cshtml?idnews=1088#.U_IUlhaHy01

Foto : www.ebay.co.uk

View Comments (0)

Comments (0)

You must be logged in to comment.
Load More

spinner