Apa yang Membuat Sebuah Band Layak Dijadikan Tribute

Apa yang Membuat Sebuah Band Layak Dijadikan Tribute

Tak banyak band independen lokal yang telah dibuatkan tributenya. Yang terdekat, beberapa band lokal Bandung akan segera membuat tribute untuk hardcore legend asal Bandung, Puppen. Hampir satu dekade lalu Pure Saturday pun turut dibuatkan konser tribute-nya. Kedua band itu memang sudah layak untuk dibuatkan konser tribute. Namun, berikut ini beberapa alasan penting kenapa band indie lokal sudah saatnya diberikan apresiasi yang layak seperti sebuah konser tribute.

 

Pengaruh

Sebuah band layak untuk dibuatkan tribute karena biasanya punya pengaruh yang besar dan kuat. Band yang semasa dengan Puppen dan Pure Saturday mungkin ada banyak. Tapi pengaruh besar Puppen dan Pure Saturday kepada generasi penerusnya tentu menjadi legacy yang penting. Kemudian band itu juga telah menjadi panutan karena memiliki nilai dan prinsip yang mungkin tidak dimiliki oleh band-band lain sehingga membuat band itu punya posisi untuk dihormati.

 

Sejarah

Band yang telah dibuatkan konser tribute biasanya memiliki sejarah yang cukup panjang. Mereka telah menjadi pionir yang membuka jalan kepada band-band generasi penerusnya. Sejarah panjang itu tentu tak dibuat secara instans, tapi lewat kerja keras dan etos kerja yang layak dijadikan contoh dan menjadi inspirasi sehingga mereka pun menjadi band yang selalu diingat oleh banyak orang.

 

Kualitas

Tentu saja, band-band yang layak dibuatkan tribute memiliki kualitas yang mumpuni yang membedakan dari band-band semasa mereka. Tak hanya kualitas bermusik yang keren pada masanya, akan juga kualitas, nilai, dan prinsip yang dipegang oleh sebuah band. Band-band yang punya kualitas seperti itu tentu sangat langka. Band yang punya kualitas musik bagus tentu sudah banyak, tapi memiliki nilai dan prinsip serta etos yang berintegritas mungkin masih jarang. Padahal itu lah kunci penting sehingga mereka memiliki pengaruh yang kuat. Band seperti Homicide (RIP) atau Efek Rumah Kaca bukan tidak mungkin kedepannya akan dibuatkan sebuah konser tribute kareka mereka punya kualitas lain di luar musik. 

View Comments (0)

Comments (0)

You must be logged in to comment.
Load More

spinner