Alvin Baskoro: “Karena Kerinduan Sama Alvin & I”

Alvin Baskoro: “Karena Kerinduan Sama Alvin & I”

Sejak hiatus dengan proyek grup musik terdahulunya Alvin & I, sosok pria yang mempunyai nama asli Alvin Baskoro kini tampil sebagai solois. Kerinduan akan proyek musik sebelumnya sangat dirasakan bagi Alvin Baskoro. Alvin menuangka kerinduannya dalam mini album yang baru dirilis oleh naungan labelnya Barokah Records dan diorganisir oleh Microgram Entertaintmen. Dalam proyek solonya ini Alvin memainkan musik folk yang sederhana. Saking sederhananya, materi dan rekamannya pun dilakukan di kamar tidur kostnya di Jatinangor. Materi yang terdapat dalam album solonya ini merupakan mmateri- materi yang tidak terpakai di Alvin & I.

BACA JUGA - Kelelawar Malam: “Di Album Ini Kami Juga Memberikan Penghormatan untuk Iwan Fals dan Darkthrone”

Alvin bisa diceritakan tidak tentang mini album “Beranjak”?
Ini perdana mini album Beranjak disuarakan, bertempat di Spasial tanggal 14 April proses penggarapannya sebulan berkoordinasi dengan tim Spasial dan berujung lancar.

Kenapa sekarang beranjak ke projek solo?
Alvin sama sekali tidak menyebutkan solois, karena Alvin and I belum produktif lagi dikarenakan personil yang lain di Jakarta dan ngerasa bahwa materi yang ada di mini album Beranjak tidak cocok dengan karakter Alvin and I. Dikarenakan Alvin punya alat recording sendiri dan bilang ke Mirza bahwa Alvin berniat merekam materi yang nggak terpakai di Alvin and I, akhirnya terciptalah mini album Beranjak. Definisinya sih karena rindu Alvin & I sudah lama tidak naik panggung dan ngumpul lagi. Dan akhirnya Alvin berniat merilis di kanal digital oleh Barokah Record agar bisa di unggah secara gratis. Dirilis juga dalam bentuk fisik bagi para penikmatnya dikarenakan Alvin punya budget khusus untuk merilis fisik.

Kenapa sih materi yang di mini album ini bisa nggak terpakai di Alvin & I. apakah gara-gara unsur musiknya sudah tidak relevan lagi dengan Alvin & I ?
Kalau secara teknis Alvin kan bermain dengan alat bambu, sulit, karinding, angklung, dll. biasanya cuma bisa bertahan di beberapa not saja. Kalau secara personal tema-tema materi yang ada di mini album menurut teman-teman itu Alvin banget, dan akhirnya Alvin mencoba merilis mini album. Karena kalau Alvin and I kan isi otaknya bukan Alvin aja tapi ada personil lainnya. Jadi tanpa ada campur kepala Alvin mencoba yang murni dari isi kepala Alvin saja.

Untuk mini album sendiri yang bertajuk beranjak Alvin berkolaborasi dengan siapa aja sih?
Ada Sky Sucahyo di track 5 lagunya “Lekas Kau Gemilang”, pas pertunjukkan tadi ada Isma lagunya “Nafas”, terus ada Jon Kastela itu “Bermekaran dalam Melayu”, terus ada Rifki pada lagu “Panorama itu tak terhindari”, “Pulas”, dan “Bermekaran Melayu” juga, terus ada Gozales Sidarta mengisi posisi bass.

Mini album beranjak apakah salah satu langkah perlahan Alvin menuju melepas Alvin and I atau gimana ?
Itu bukan langkah melepas Alvin and I, definisinya adalah untuk menekankan para personilnya bahwa Alvin punya suatu kabar bahwa Alvin rindu momen-momen ngumpul atau komunikasi dengan yang lain, makanya lirik kembalilah kembalilah itu bermaksud bersuara mengungkap rasa rindu kepada Alvin and I.

Kedepannya setelah lauching mini album ini bakalan ada projek apalagi?
Karena sedang penelitian mau fokus dulu dan mau mencari judul (skripsi) dulu, kalau untuk Alvin baskoro mungkin akan mempersiapkan bareng Mirza lagi LP album, dan Alvin and I juga pengen menggodok album lagi. Kalau tour belum ada kepikiran.

View Comments (0)

Comments (0)

You must be logged in to comment.
Load More

spinner