4 Tips Khusus Belajar Gitar Fingerstyle Untuk Pemula

4 Tips Khusus Belajar Gitar Fingerstyle Untuk Pemula


Belajar menguasai tekhnik gitar fingerstyle seperti Sung Ha Jung, Andi Mckee atau gitaris fingerstyle lainya  memang butuh tips kuhusus untuk dapat menguasai semua skillnya, yang paling pertama dan utama adalah  anda harus minimal sudah menguasai dan faham note dan kunci gitar akustik. 

Permainan gitar fingerstyle ini berbeda dengan teknik gitar lainya yang bisa di hapalin polanya,fingerstyle memiliki tingkat kesulitan diatas permainan gitar pada umunya. Jika anda seorang gitaris melody akan sangat mudah mempelajarinya, karena pasti jari sudah lincah. Buat yang bukan gitaris melody akan kami tuntun sidikit demi sedikit.

1. Biasakan Memetik Senar Dengan Ujung Jari
Cara memetik fingerstyle adalah dengan ujung jari, dan jika baru pertama mencoba akan terasa sakit karena ujung jari tangan kanan belum merasakan yang dialami jari tangan kiri, karena jari tangan kiri setiap bermain gitar selalu menekan senar, jadi, akan nampak kuat ujung jari tangan kiri. Tapi, jika sudah terbiasa anda lakukan, minimal setiap hari, ujung jari kanan tidak lagi terasa sakit.

2. Senam Jari (Fingering)
Lakukan memetik gitar dengan ujung jari mulai dari senar paling atas hingga kebawah, dengan catatan : senar 5,6 dengan ibu jari ; kemudian senar 4 dengan telunjuk, senar ke 3 dengan jari tengah, senar ke 2 dengan jari manis, dan senar 1 dengan kelingking.  Lakukan secara bolak-balik, anda juga bisa mengkreasikan dengan berpindah-pindah petikan, seperti urutan senar 654321, 123456, 645321, 132456, dll. anda bisa buat sendiri, Ini untuk membiasakan ujung jari dan membuatnya lincah .Jika anda rasa, jari sudah kuat dan lincah, anda bisa memulai memainkan melodi, dengan mengkolaborasikan petikan jari tangan kanan dan memainkan melodi dengan jari tangan kiri. Anda juga bisa membuat latihan sendiri, yang penting adalah petikan dan permainan melodi bisa serasi dan menghasilkan suara yang pas.

3. Latihan Fingerstyle yang Sebenarnya
Tips 1 dan 2 anda sudah kuasai, berarti anda siap memainkan lagu dengan fingerstyle. Dalam tips ini, saya biasanya latihan di songsterr.com. Kemudian masukkan kata kunci tokoh fingerstyle seperti fingerstyle, Sung Ha Jung, Andi Mckee, atau yang lainnya. Anda bisa memulainya dengan lagu yg mudah dulu. Di songsterr akan keluar macam kode-kode yg bisa membantu anda mudah dalam latihan, 

4. Latihan rutin
Tidak hanya fingerstyle, semuanya perlu latihan rutin untuk menghasilkan hasil yg maksimal. Jadi, jangan sia-siakan latihan anda di tips 1,2,3 kemudian anda tidak latihan rutin. Anda bisa latihan rutin lewat songsterr.com. atau situs-situs lainnya, atau juga anda bisa mengikuti kursus gitar khusus fingerstyle.

Sumber : http://www.zonagitar.com/2013/08/4-tips-khusus-belajar-gitar-fingerstyle.html

Sumber Foto : http://article.wn.com

COMMENTS

  • portsign

    portsign

    5 Sep 2014
    yang nomor 2 kurasa salah, . . jari kelingking tidak digunakan untuk memetik senar,
  • shakila123

    shakila123

    10 Jan 2016
    cara bermain dengan melihat Photograph Tab gimana?
  • bachtiarfahmi27091998

    bachtiarfahmi27091998

    27 Aug 2016
    Sangat bermanfaat gan artikelnya. Kalo berkenan kunjungi blog saya tentang musik di newartikelfahmi.blogspot.com
  • bachtiarfahmi27091998

    bachtiarfahmi27091998

    27 Aug 2016
  • mayasari

    mayasari

    4 weeks ago
    belajar fingerstyle memang susah, lebih gmpang blajar chord/ kunci gitar karena ada petunjuk disetiap liriknya. saya biasanya blajar disini bro https://www.w3chords.com karena lengkap banget..
You must be logged in to comment.

RELATED NEWS

Website ini hanya diperuntukkan bagi Anda yang berusia 18 tahun ke atas.